Rabu, Februari 20, 2008

Kesulitan menghapal new vocabulary?

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Pada saat dibangku sekolahan bagi yang menyenangi dan mampu berbahasa Inggris mata pelajaran ini menjadi mata pelajaran favorit, tetapi bagi yang tidak punya kemampuan alias bego tentunya menjadi momok yang menakutkan apabila jam pelajaran bahasa Inggris datang.
Melihat pentingnya bahasa Inggris dimana banyak literatur, novel, e-book dan lain sebagainya menggunakan bahasa ini tentunya paradigma belajar bahasa Inggris sebagai momok yang menakutkan harus kita ubah menjadi sebuah kesenangan sehingga timbul minat baca yang pada akhirnya akan menambah wawasan keilmuan kita, tul nggak bro..?
Nah, untuk menyiasati menghapal new vocabulary ada beberapa tips yang dapat dilakukan :
  • Carilah hal-hal yang berada dilingkungan sekitar kita dulu. Misalnya air, angin, anggota badan, dll untuk memulainya.
  • Selanjutnya jangan paksakan anda untuk menghapal semuanya. Sesuaikan dengan kemampuan daya ingat kita contoh kita mulai dengan menghapal 3 kata baru (baca : new vocabulary). Mencari kosa kata baru kita dapat mengunjungi http://www.kamus.net/
  • Kemudian tulislah 3 kata baru tersebut diatas potongan kertas kecil yang dapat dibawa kemana-mana. Yang perlu diingat adalah pada sisi atas tulislah kata baru tersebut dan pada sisi sebaliknya dengan arti (meaning) dari kata tersebut.
  • Berkomitmenlah untuk melakukannya setiap hari. Sekarang coba kita hitung secara matematis pada awal bulan kita menghapal 3 kata maka pada akhir bulan menjadi 90 kata (3 x 30), kalo satu tahun berapa yang sudah kita hapal...??
Jawabannya tergantung pada diri kita masing-masing karena komitmen kita yang buat.. Semakin kuat komitmen untuk terus mempertahankan semangat belajar (baca : menghapal) tentunya semakin bertambah kosa kata kita. Selamat mencoba...
Salam
Helmy

Tidak ada komentar:

 
(c) free template